STIKES MATARAM

STIKES MATARAM

Kamis, 29 September 2011

Vasektomi

Vasektomi dianggap metode permanen pengendalian kelahiran . Sebuah vasektomi mencegah pelepasan sperma ketika seorang pria berejakulasi.
Lihat ilustrasi dari sistem reproduksi pria kamera .

Direkomendasikan Terkait dengan Pengendalian Kelahiran

Diafragma adalah bagian putaran karet fleksibel dengan pinggiran kaku. Sebelum melakukan hubungan intim, diafragma ditempatkan di vagina terhadap leher rahim. Diafragma mencegah sperma memasuki rahim. Spermisida harus selalu digunakan dengan diafragma untuk itu untuk menjadi yang paling efektif.
Selama vasektomi, yang vas deferens dari testis setiap dijepit, dipotong, atau disegel. Hal ini untuk mencegah sperma dari pencampuran dengan air mani yang ejakulasi dari penis . Telur tidak dapat dibuahi ketika tidak ada sperma dalam air mani. Testis terus memproduksi sperma, tapi sperma diserap oleh tubuh. (Ini juga terjadi pada sperma yang tidak ejakulasi setelah beberapa saat, terlepas dari apakah Anda memiliki vasektomi.) Karena tabung diblokir sebelum vesikula seminalis dan prostat , Anda masih ejakulasi tentang jumlah yang sama cairan.
Ini biasanya membutuhkan waktu beberapa bulan setelah vasektomi untuk semua sperma yang tersisa untuk ejakulasi atau diserap kembali. Anda harus menggunakan metode lain untuk pengendalian kelahiran sampai Anda memiliki sampel air mani diuji dan itu menunjukkan nol jumlah sperma . Jika tidak, Anda masih bisa mendapatkan pasangan Anda hamil .
Selama vasektomi:
  • Testikel anda dan skrotum dibersihkan dengan antiseptik dan mungkin dicukur.
  • Anda mungkin diberikan oral atau intravena (IV) obat untuk mengurangi kecemasan dan membuat Anda mengantuk. Jika Anda minum obat ini, Anda mungkin tidak ingat banyak tentang prosedur.
  • Setiap vas deferens terletak oleh sentuhan.
  • Sebuah anestesi lokal disuntikkan ke daerah itu.
  • Dokter membuat satu atau dua bukaan kecil di skrotum Anda. Melalui membuka, dua vas deferens dipotong tabung. Kedua ujung vas deferens diikat, dijahit, atau disegel. Elektrokauter dapat digunakan untuk menutup berakhir dengan panas. Jaringan parut dari operasi membantu blok tabung.
  • Vas deferens kemudian diganti dalam skrotum dan kulit ditutup dengan jahitan yang larut dan tidak harus dihapus.
Prosedur ini memakan waktu sekitar 20 sampai 30 menit dan dapat dilakukan di kantor atau klinik. Ini mungkin dilakukan oleh dokter obat keluarga , seorang ahli urologi , atau dokter bedah umum .
Vasektomi tanpa pisau adalah teknik yang menggunakan penjepit kecil dengan ujung runcing. Alih-alih menggunakan pisau bedah untuk memotong kulit, penjepit yang menusuk melalui kulit skrotum dan kemudian dibuka. Manfaat dari prosedur ini termasuk perdarahan kurang, lubang kecil di kulit, dan komplikasi lebih sedikit. Vasektomi tanpa pisau seefektif vasektomi tradisional. 1
Dalam prosedur implan Vasclip, vas deferens terkunci ditutup dengan alat yang disebut suatu Vasclip. Vas deferens tidak dipotong, dijahit, atau dibakar (disegel oleh pembakaran), yang mungkin mengurangi potensi untuk rasa sakit dan komplikasi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kliping tidak efektif sebagai metode lain menyegel dari vas deferens. 2

Apa Untuk Harapkan Setelah Operasi

Skrotum Anda akan mati rasa selama 1 sampai 2 jam setelah vasektomi. Terapkan kemasan dingin ke daerah dan berbaring telentang sebanyak mungkin selama sisa hari. Memakai celana nyaman atau cawat olahraga akan membantu mengurangi ketidaknyamanan dan melindungi daerah tersebut.
Anda mungkin memiliki beberapa pembengkakan dan nyeri minor dalam skrotum Anda selama beberapa hari setelah operasi. Kecuali pekerjaan Anda berat, Anda akan dapat kembali bekerja dalam 1 atau 2 hari. Hindari angkat berat selama seminggu.
Anda dapat melanjutkan hubungan seksual segera setelah Anda merasa nyaman, biasanya di sekitar seminggu. Tapi Anda masih bisa mendapatkan pasangan Anda hamil sampai jumlah sperma Anda adalah nol. Anda harus menggunakan metode lain pengendalian kelahiran sampai Anda memiliki tindak lanjut pengujian sperma hitungan 2 bulan setelah vasektomi (atau setelah 10 sampai 20 ejakulasi selama waktu yang lebih singkat). Setelah jumlah sperma Anda adalah nol, tidak lain metode pengendalian kelahiran diperlukan.
Kebanyakan pria kembali ke kantor dokter untuk memiliki jumlah sperma mereka diperiksa. Tapi ada juga tes rumah yang tersedia.
Vasektomi tidak akan mengganggu Anda seks drive, kemampuan untuk memiliki ereksi, sensasi orgasme, atau kemampuan untuk ejakulasi. Anda mungkin telah ringan sesekali sakit di testis Anda selama gairah seksual selama beberapa bulan setelah operasi.

Mengapa Ini Apakah Selesai

Vasektomi adalah metode pengendalian kelahiran permanen. Hanya mempertimbangkan metode ini jika Anda yakin bahwa Anda tidak ingin memiliki anak di masa depan.

Bagaimana Yah Bekerja

Vasektomi adalah (99,85%) sangat efektif metode kontrol kelahiran. Hanya 1 sampai 2 wanita dari 1.000 akan memiliki kehamilan yang tidak direncanakan pada tahun pertama setelah pasangan mereka telah menjalani vasektomi. 3

Risiko kegagalan

Kehamilan mungkin terjadi setelah vasektomi karena:
  • Kegagalan untuk menggunakan metode lain pengendalian kelahiran sampai jumlah sperma dipastikan nol. Biasanya diperlukan waktu 10 sampai 20 ejakulasi sperma benar-benar jelas dari air mani.
  • Spontan rekoneksi dari vas deferens atau pembukaan di salah satu ujung yang memungkinkan sperma untuk bercampur dengan air mani lagi. Hal ini sangat jarang.

Resiko

Risiko komplikasi setelah vasektomi sangat rendah. Komplikasi mungkin termasuk:
  • Perdarahan di bawah kulit, yang dapat menyebabkan bengkak atau memar.
  • Infeksi di situs sayatan. Pada kasus yang jarang, infeksi berkembang dalam skrotum.
  • Sperma bocor dari vas deferens ke jaringan di sekitarnya dan membentuk sebuah benjolan kecil (granuloma sperma). Kondisi ini biasanya tidak menyakitkan, dan dapat diobati dengan istirahat dan nyeri obat-obatan . Kadang-kadang, pembedahan mungkin diperlukan untuk menghilangkan granuloma.
  • Peradangan pada tabung yang bergerak sperma dari testis (kongestif epididimitis ).
  • Dalam kasus yang jarang, vas deferens tumbuh kembali bersama-sama (rekanalisasi), dan manusia menjadi subur kembali.

Apa Untuk Pikirkan Tentang

Keuntungan

Vasektomi adalah metode pengendalian kelahiran permanen. Setelah air mani Anda tidak mengandung sperma, Anda tidak perlu khawatir tentang menggunakan metode pengendalian kelahiran lainnya.
Vasektomi adalah prosedur aman, lebih murah yang menyebabkan komplikasi kurang dari ligasi tuba pada wanita. 1
Meskipun vasektomi adalah mahal, itu adalah biaya satu kali dan sering ditutupi oleh asuransi kesehatan. Biaya metode lain, seperti pil KB atau kondom dan spermisida, mungkin akan lebih besar dari waktu ke waktu.

Kekurangan

Vasektomi tidak melindungi terhadap penyakit menular seksual (PMS) , termasuk infeksi dengan human immunodeficiency virus (HIV) Kondom adalah metode yang paling efektif untuk mencegah. PMS . Untuk melindungi diri Anda dan pasangan Anda dari penyakit menular seksual, menggunakan kondom setiap kali Anda berhubungan seks.

Pertimbangan lain

Jika Anda mempertimbangkan vasektomi, benar-benar yakin bahwa Anda tidak akan ingin untuk ayah anak.
Vasektomi biasanya tidak dianjurkan untuk pria yang sedang mempertimbangkan sperma perbankan dalam kasus kemudian mereka memutuskan untuk memiliki anak. Diskusikan pilihan lain dengan pasangan Anda dan profesional kesehatan Anda.
Pembedahan untuk menghubungkan kembali vas deferens (pembalikan vasektomi) tersedia. Tetapi prosedur pembalikan sulit. Kadang-kadang dokter dapat mengeluarkan sperma dari testis pada pria yang memiliki vasektomi atau pembalikan itu tidak berhasil. Sperma kemudian dapat digunakan untuk fertilisasi in vitro . Kedua pembalikan vasektomi dan pengambilan sperma dapat mahal, mungkin tidak tercakup oleh asuransi, dan mungkin tidak selalu bekerja.
Beberapa penelitian yang lebih tua menunjukkan risiko kanker prostat pada pria yang memiliki vasektomi. Tapi bertahun-tahun penelitian tidak menemukan bukti yang jelas bahwa vasektomi berhubungan dengan prostat kanker . 1
Beberapa dokter atau rencana asuransi kesehatan mungkin memerlukan masa tunggu dari saat Anda meminta vasektomi dan waktu prosedur dilakukan. Kali ini memungkinkan Anda untuk menjadi yakin tentang keputusan Anda.
Para peneliti sedang mempelajari metode lain pengendalian kelahiran laki-laki, seperti vasektomi reversibel atau metode hormonal. Vasektomi reversibel melibatkan memasukkan vas deferens dan kemudian menghapus plug ketika kontrol kelahiran tidak lagi ingin. Metode hormonal termasuk pil atau suntikan bahwa pria itu akan digunakan untuk mencegah produksi sperma. Sejauh ini, ada metode baru telah terbukti cukup efektif, dengan efek samping rendah, untuk dipasarkan untuk laki-laki.

0 komentar:

Posting Komentar